Tutorial HTML Part 3 : Pemilihan Text Editor
09 November 2019 15:16 Fauzan Falah 1,465x
Tutorial HTML Part 3 : Pemilihan Text Editor
HTML CSS JavaScript PHP

Jika kamu seorang programmer, ataupun sedang mendalami tentang bahasa pemrograman, text editor merupakan hal yang wajib bagi programmer, karena text editor adalah aplikasi yang mempermudahkan kita menulis kode program yang kita pakai. Oleh karena itukita perlu memilih text editor yang cocok dan nyaman dipakai untuk ngoding. Dalam penulisan html terlebih dahulu yang harus di persiapkan adalah Text Editor dan Browser.

Apa itu Text Editor ?

Text editor merupakan sebuah aplikasi yang di gunakan untuk menulis syntax atau kode program. Untuk penulisan di pemrograman web banyak sekali text editor yang bisa kita gunakan seperti Notepad++, Sublime text, Atom, Geany dan sebagainya.

Bingung mencari Text Editor yang pas ?, berikut ulasan Text Editor yang di rekomendasikan Codekop yang cocok untuk anda coba :

1. Sublime Text

    

Sublime Text adalah salah software yang di gemari para programmer khususnya Web Developer untuk menulis kode programnya. Software ini sangat canggih untuk coding, markup dan lain lain.

Sublime Text tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Sublime Text juga memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API. Sublime Text memiliki banyak plugins, kamu bisa mendownload plugins di Internet dan menginstalnya.

Website : https://www.sublimetext.com/

2. Atom

    

Atom adalah text editor yang mirip seperti Sublime Text, namun fiturnya lebih lengkap dan nyaman digunakan. Atom sendiri adalah buatan Github yang merupakan perusahaan terkenal dengan layanan Cloud Computing untuk projek open source menggunakan Git. Atom adalah text editor yang benar-benar gratis tidak menggunakan serial number untuk menggunakannya.

 Website : https://atom.io/

3. Notepad++

   

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin yang bisa mempermudah pekerjaan programmer.

Website : https://notepad-plus-plus.org/download/v7.5.6.html

4. Geany

   

Geany didesain sedemikian rupa sehingga berukuran kecil dan gegas, sehingga ringan saat dijalankan. Seperti halnya IDE yang lain, Geany mendukung sintaks highlighting atau pemberian warna berbeda untuk sintaks tertentu. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah mendeteksi kesalahan penulisan sintaks. Selain itu Geany juga mendukung autocompletion atau pelengkapan sintaks secara otomatis. Ini sangat membantu Anda sehingga tak perlu menghafalkan berbagai fungsi pemrograman. Selain itu terdapat juga berbagai macam plugin yang dapat disematkan pada Geany sehingga fungsionalitasnya dapat diperluas.

Website : https://www.geany.org/download

5. Netbeans

   

Netbeans adalah Integrated Development Environment (IDE) open source untuk pengembang perangkat lunak. Muncul dengan semua tool yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi web berskala besar yang mendukung hampir semua bahasa pemrograman termasuk C / C++, PHP, JavaScript, Groovy, Ruby dan lainnya. IDE ini berjalan di bawah platform Java, yang berarti Anda perlu menginstal java di PC Anda untuk menjalankan editor ini.

Website : https://netbeans.org/

 

Itulah text editor populer untuk programmer. Setiap software memang memiliki fitur keunggulan masing-masing, yang dapat membantu kamu dalam aktivitas programming.

Semoga Bermanfaat..

Setelah Mengikuti Tutorial HTML Part 3 : Pemilihan Text Editor, Yuk Lanjut Ke Menjalankan File HTML

Sumber Referensi Penulis :

  1. https://jalantikus.com/tips/text-editor-terbaik-untuk-programmer/
  2. http://belajarngoding.com/text-editor-untuk-php/
  3. https://www.yudana.id/daftar-ide-code-editor-php-terbaik-untuk-programmer/
Facebook