1. Home
  2. read
  3. Pengenalan Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Web

Pengenalan Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Web



Pengenalan Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Web


Pada tutorial kali ini kita akan membahas dulu apasih itu PHP ? dan apa saja fungsinya dalam pemrograman web.

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain sebuah halaman situs website. Menurut Wikipedia PHP: Hypertext Preprocessor PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga dapat dipakai sebagai bahasa pemrograman umum. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang PHP, situs resminya yaitu PHP.net.

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.

PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

PHP merupakan bahasa pemrograman paling populer yang digunakan dalam membuat sebuah website. Dikutip dari situs w3techs.com, (diakses pada 25 Desember 2018), berikut adalah penggunaan bahasa pemrograman server-side untuk mayoritas website di seluruh dunia :

   

Pada diagram diatas kita ketahui bahwa bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman server-side yang paling populer dibandingkan ASP.NET maupun dengan Java.

Fungsi PHP Dalam Pemrograman Web

Untuk membuat halaman web yang dinamis PHP bukanlah bahasa yang wajib kita gunakan. Dengan HTML dan CSS dinilai sudah cukup untuk membuat halaman website yang statis, dimana konten web bersifat tetap.

Demi mempermudah mengganti isi dari konten web tersebut, kita butuh suatu halaman web yang bersifat dinamis atau dapat diubah-ubah. Website dinamis dapat dibuat dengan menggunakan PHP. Dengan website dinamis, situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll.Tidak lepas sampai disitu saja, dalam website dinamis atau pun interaktif, bahasa pemrograman PHP dipakai sebagai media untuk mempersingkat tatanan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Dalam pembuatan website yang berisi data siswa misalnya. Dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS, maka dibutuhkan baris kode yang sangat panjang (sesuai dengan jumlah data siswa yang ingin diinput), sedangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, baris kode yang dibutuhkan dapat dipersingkat hingga menjadi beberapa baris saja.Bahasa pemrograman PHP biasanya banyak digunakan di website-website server. Beberapa penyedia layanan website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa dasarnya yaitu Joomla, WordPress, dan Drupal.


Contoh Program :

Membuat Sebuah Halaman Web PHP

<?php
    echo "Hello World";
?>

Kode di atas akan menghasilkan atau menampilkan tulisan berupa kata Hello World pada halaman web PHP.

Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Yang Lain.

Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:

  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Tipe Data.

PHP memiliki 8 tipe data, yaitu:

  1. Boolean
  2. Integer
  3. Float/ Double
  4. String
  5. Array
  6. Object
  7. Resource
  8. NULL

Demikian ulasan Pengenalan Apa itu PHP dan Fungsinya dalam Pemrograman Web, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi Penulis :

  1. http://www.carawebs.info/2013/04/apa-itu-php.html
  2. https://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/PHP#Membuat_Sebuah_Halaman_Web_PHP
  4. https://w3techs.com/technologies/overview/programming_language/all
  5. https://pengertiandefinisi.com/pengertian-php-dan-fungsinya-dalam-ilmu-komputer/


Fauzan Falah

Penulis https://codekop.com/ , http://maswin.id/ | Github : https://github.com/fauzan1892/ | portfolio : https://fauzan.codekop.com/

Profil Penulis Semua Postingan


Komentar