Berikut 5 CMS Terbaik dan Populer Buatan Indonesia
16 Maret 2020 17:25 Fauzan Falah 7,801x
Berikut 5 CMS Terbaik dan Populer Buatan Indonesia
CMS

Pernahkah Sobat pernah mendengar istilah Content Management System, yang bisa di singkat dengan ( CMS ) ? So pasti pernah jika anda suka membuat artikel di blog pribadi anda atau sebagainya, bagi sobat komputer yang sudah banyak berkecimpung di dunia web developer pastinya istilah ini sudah tidak asing lagi. Content Management System ( CMS ) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanagemen isi dari sebuah situs website. Aplikasi ini biasanya dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web seperti PHP, ASP, HTML, CSS dan Java Script. Apabila kita ingin membuat website, kita tak perlu pusing mempelajari bahasa pemograman web lebih lanjut, anda tinggal menggunakan CMS untuk membuat konten di Website.

Content Management System banyak sekali bertebaran di internet, mulai yang gratis atau pun yang berbayar, menawarkan banyak fitur-fitur sesuai kebutuhan agar lebih mudah untuk membangun website. Banyak Content Management System terkenal dan banyak untuk penggemar ngeblog, seperti Blogger, Wordpress, Joomla dan sebagainya. Nah pada artikel saya kali ini saya ingin memperkenalkan CMS Terbaik yang di buat oleh orang Indonesia bisa sobat coba, dari pada berlama - lama mari kita ulas satu persatu.

5 CMS Terbaik Buatan Indonesia Versi Codekop.com

1. CMS Sekolahku

 

CMS Sekolahku merupakan salah satu CMS yang terbaik buatan indonesia menurut codekop.com, CMS Sekolahku  merupakan Content Management System dan PPDB Online GRATIS yang dibuat untuk semua jenjang sekolah mulai dari tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi. Pengembangan CMS ini dimulai tahun 2012 yang awalnya merupakan project premium untuk salah satu sekolah di Kabupaten Kuningan, dan pada tahun 2013 mulai dibagikan secara gratis. Sedangkan untuk versi 2.x dimulai tahun 2016 dan masih aktif dimaintenance sampai sekarang. Apabila sobat ingin mencoba menggunakan CMS Sekolahku untuk membangun website, bisa sobat download CMS gratis di website resminya http://sekolahku.web.id.

2. PopojiCMS

   

CMS terbaik buatan Indonesia berikutnya ada Popoji CMS, PopojiCMS adalah Content Management System yang dibuat dengan konsep yang sangat menarik dan mudah untuk digunakan. PopojiCMS dibuat dengan tampilan responsive dengan base bootstrap dan selain itu juga dilengkapi dengan banyak plugin jQuery. CMS Popoji di luncurkan pada tanggal 07 Juni 2013 dengan dukungan dari pengembang yang sangat profesional membuat CMS Popoji cepat populer dikalangan web developer. Apabila sobat ingin mencoba menggunakan Popoji CMS untuk membangun website, bisa sobat download CMS gratis di website resminya http://www.popojicms.org/.

3. Fiyo CMS

   

CMS terbaik buatan Indonesia yang ketiga menurut codekop.com ada Fiyo CMS, Fiyo CMS adalah salah satu dari ratusan Content Management System yang ada di internet. Content Management System atau dalam bahasa Indonesia disebut Sistem Manajemen Konten (disingkat CMS), adalah software yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web, Secara umum fitur dari Fiyo CMS sama seperti kebanyakan cms pada umumnya, yaitu dapat mengelola konten dengan sangat mudah. Tetapi Fiyo juga banyak memiliki keunggulan dibanding cms lainya. Apabila sobat akan mencoba menggunakan content management system buatan Indonesia yang satu ini, bisa sobat ke website resminya http://www.fiyo.org.

4. Lokomedia CMS

   

Lokomedia CMS merupakan CMS terbaik buatan Indonesia yang bisa sobat coba, design yang cukup menarik membuat CMS ini banyak diminati oleh web developer di Indonesia. Ada banyak sekali fitur yang mempermudah sobat untuk mengelola website yang akan sobat bangun. Untuk mencoba menggunakan CMS Lokomedia sobat bisa cari di http://www.lokomedia.web.id/ atau https://members.phpmu.com/kontribusi/detail/download-cms-lokomedia-161-versi-codeigniter/20 referensi lain sobat bisa search di google tentang Lokomedia CMS ini.

5. HTMLy

 

Htmly merupakan CMS buatan Indonesia yang mengusung konsep CMS tanpa database atau dikenal dengan Flat-File. Design yang sangat simple dan juga elegan membuat banyak para bloger menggunakan CMS ini untuk mesin blog mereka. Selain itu karena tidak menggunakan database, CMS ini mempunyai loading yang sangat cepat sehingga sangat berpengaruh pada SEO blog yang kita bangun. Apabila sobat ingin mencoba menggunakan HTMLy untuk membuat blog, sobat bisa kunjungi web resminya https://www.htmly.com/


Itulan ulasan mengenai beberapa CMS Buatan Indonesia, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat yang ingin membangun sebuah website atau blog, Semoga bermanfaat.

Facebook